Pages

Tuesday, March 18, 2014

Tiga Sensor yang umum digunakan pada Smartphone

Haloo lagi, welcome to my blog lagi.

Hari ini baru selesai UAS pemrograman , semoga tidak mengenaskan. huahaha..
okay , setelah kemarin membahas tentang Kaca Gorilla , hari ini Saya akan membahas Sensor-sensor yang ada di Smartphone.

Seperti yang kita ketahui, sekarang smartphone sudah sangat umum untuk dimiliki semua orang. kini, smartphone pun semakin berkembang, seiring perkembangan waktu smartphone semakin canggih dan banyak memiliki fitur-fitur terbaru, salah satunya adalah adanya sensor pada smartphone android.
sensor pada smartphone android cukup banyak dan terus berkembang dari waktu ke waktu. beriku adalah tiga sensor umum yang digunakan pada smartphone.

1. Proximity sensor


Proxymity sensor adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu object tanpa kontak fisik. manfaat dari proximity sensor antara lain mematikan layar secara otomatis saat kita menelpon, ini bertujuan untuk menghemat baterai. sensor ini juga yang diterapkan pada smart flip cover pada smartphone yang merubah tampilan layar saat cover ditutup.


2. Accelerometer
Accelerometer dipakai untuk mendeteksi posisi dari handphone apakah dalam mode landscape atau portrait, manfaat utama adalah menu dan aplikasi di smartphone akan menyesuaikan posisi dari smartphone.  Manfaat lain biasanya dipakai untuk permainan game, misal game mobil dimana kita cukup memiringkan handphone saat kita mau belok kanan atau kiri. Manfaat lain dipakai untuk mengganti lagu atau mengambil screenshoot hanya dengan menggoyangkan smartphone .


3.  Compas

Seperti namanya, kompas dipakai untuk menunjukan arrah, smartphone sekarang telah membenamkan sensor kompas kedalamnya sehingga kita tidak takut jika anda tersasar di suatu tempat., manfaat lain dari compas digunakan untuk menentukan arah kiblat dari posisi kita.


sekian post saya kali ini. semoga bermanfaat :)

sumber:

Nama : Wahyu Rohman Sidik
NIM : 202131743791312
Dosen : Onno W. Purbo
Universitas : Surya University

2 comments:

  1. Terimakasih Infonya. Menarik dan bagus. lanjutkan !
    Kunjungi ya http://egadewaa.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. nice posy wahyuu~
    selamat berlibur dan semoga hasil UAS tidak mengecewakan ~

    ReplyDelete